Senin, 21 September 2015

Ilustrasikan bagaimana komputer anda terkoneksi dengan internet ?

Ilustrasi dari video paket data ke internet
Saat user  mengakses suatu alamat website maka ilustrasi pun dimulai. Dalam Network interface, data difragmentasi menjadi paket-paket data berupa TCP atau UDP.
Paket data tersebut diberi label dan keterangan lain seperti alamat penerima, alamat dari proxy server, dll. Kemudian masuk ke Local Area Network (LAN). LAN digunakan untuk menghubungkan seluruh komputer lokal.
Paket data memulai perjalanannya dari network interface, router, switch router lalu masuk ke dalam jaringan web atau internet. Beberapa paket data ada mengalami tabrakan data karena bandwith yang kecil dan padatnya aliran data.
Paket data yang ada dilalu lintas jaringan diambil oleh router tertentu sesuai dengan alamat yang sudah ada pada paket data.
Setelah meninggalkan router, paket data tersebut menuju ke switch. switch menentukan jalan untuk paket data.
Selanjutnya sebelum dikirim ke server, paket data akan melewati proxy yang mengecek alamat yang dituju. Proxy membuka paket dan membaca alamat web. Jika alamat  tersebut dilarang, maka paket data tersebut akan dihancurkan. Paket data yang selamat selanjutnya melewati kabel transfer menuju server.
Sebelum menuju server, paket data akan berhadapan dengan firewall yang memproteksi komputer dalam jaringan. Firewall memilih paket data mana yang dapat melewati firewall dan mana yang tidak. Beberapa data berbahaya seperti ping yang cacat atau tidak sempurna akan dihancurkan jika melewati tempat ini.
Setelah paket data melewati firewall, paket data tersebut diambil oleh router dan ditempatkan dilalu lintas jaringan atau bandwidth atau data traffic.
Selanjutnya adalah paket data tersebut masuk ke dunia internet. Setelah masuk ke dunia internet, paket data tersebut belum tentu aman. Di jalur lalu lintas jaringan tersebut terdapat ping yang tidak sempurna atau cacat.
Setelah paket data  sampai di tujuan, paket data tersebut akan menemui lagi firewall. Sebuah firewall hanya akan melewatkan data yang memiliki beberapa kriteria tertentu. Lalu paket  tersebut akan masuk ke port tertentu.  Port 80 merupakan port untuk menuju web server sedangkan port 25 adalah untuk paket mail.
Lalu informasi yang dimuat oleh paket data diambil (unpack). Informasi yang kita minta dikirim ke aplikasi web server. Data dikeluarkan dari paket dan dibaca, sedangkan paketnya disimpan untuk proses pengiriman data yang direquest kembali ke client. Setelah itu server akan mengirimkan data yang dimasukkan ke dalam paket-paket kecil dan diberi label dan informasi penting. Dan proses transfer akan berjalan seperti di awal sampai paket data dari server diterima oleh kita dan diurutkan sesuai data aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar