Rabu, 03 November 2010

Prinsip Kerja antara CSMA-CD, CSMA-CA, dan ALOHA


Efek yang di timbulkan dari sisi delay, troughput, dan congestion.

· CSMA-CD
Prinsip Kerja : setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu kedalamnya, jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, computer akan mentransmisikan data jika ada trnasmisi lain di dalam kabel, computer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi pada saat yang sama.
- Mendeteksi collision dan membatalkantransmisi yang berkaitan sebelum transmisi tersebut selesai.
- Lebih baik dari CSMA-CA

Efek yang di timbulkan :
  1. Delay: waktu tunda yang di alami ketika salah satu PC menunggu PC lain untuk mengirim
  2. Througput: Laju kecepatan pindah data yang di alami oleh PC yang sedang dalam proses mengirim.
  3. Congestion: Kemacetan yang terjadi akibat terlalu banak data yang di tunda.


· CSMA-CA
Proses kerja yang memiliki prinsip dasar kerjanya terdapat pada metode Distributed Coordination Function (DCF). Protokol CSMA/CA menggunakan pertukaran paket RTS/CTS untuk mendeteksi terjadinya tubrukan paket sehingga pada saat pengiriman paket data tidak terjadi tabrakan lagi. Hal ini menyebabkan metode ini dapat mengurangi tabrakan yang dapat meningkatkan kinerja jaringan. kinerja protokol ini akan sangat baik ketika jumlah paket yang ditransmisikan semakin bertambah. Dan juga kinerja protokol juga menjadi lebih baik ketika jumlah station dan waktu transmisi paket lebih besar.
  •  Lebih efisien dari pada ALOHA
  • Stasiun yang memiliki paket untuk ditransmisikan melihat dulu apakah masih ada transmisi lain yang sedang berjalan atau tidak
  • Jika ada, set sebuah pewaktuan dalam interval random, kemudian coba lagi

Efek yang di timbulkan :
  •  mengurangi tabrakan yang dapat meningkatkan kinerja jaringan.
  • kinerja protokol ini akan sangat baik ketika jumlah paket yang ditransmisikan semakin bertambah.
  • kinerja protokol juga menjadi lebih baik ketika jumlah station dan waktu transmisi paket lebih besar.

· ALOHA
Proses kerja Aloha dengan cara Pengguna mengirimkan kapanpun mereka memiliki data akan dikirim.Pengirim selalu dapat mengetahui apakah frame dihancurkan dengan mendengarkan saluran, dengan cara yang sama pengguna lain lakukan.
  • Saat sebuah stasiun mendapat sebuah paket, maka paket tersebut langsung ditransmisikan kemungkinan terjadi collision / tabrakan
  •  Menunggu Ack jika tidak ada Ack, dianggap bahwa paket tersebut lost, dan mencoba mengirim lagi setelah menunggu dalam interval waktu random.
  •  Sederhana, tapi berunjuk kerja rendah.

Efek yang di timbulkan :
  • Setiap kali dua PC mencoba untuk menempati saluran pada saat yang sama, akan ada tabrakan dan keduanya akan menjadi kacau. Keduanya harus dipancarkan kembali nanti.
  •  checksum tidak dapat membedakan antara kerugian total dan dekat miss
  • Membagi waktu menjadi interval diskrit, setiap interval yang sesuai untuk satu frame
  • Sebuah stasiun khusus memancarkan pip pada awal setiap interval, seperti jam
  • Seorang pengguna tidak diijinkan untuk mengirim setiap kali chcaracter khusus diketik. Sebaliknya, diperlukan untuk menunggu awal slot berikutnya.
  • pemanfaatan saluran terbaik yang dapat dicapai adalah 1 / e. Stasiun pemancar di akan, tanpa memperhatikan apa stasiun lain melakukan banyak tumbukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar